TSz6TUY0BUA8TpA9TUApTfr5GY==

Cagub Sulsel Danny Pomanto Ikuti Tradisi Mappadendang Bersama Warga Buae Sidrap

Cagub Sulsel Danny Pomanto Ikuti Tradisi Mappadendang Bersama Warga Buae Sidrap
Cagub Sulsel Danny Pomanto Ikuti Tradisi Mappadendang Bersama Warga Buae Sidrap
(Dok : Ist) 

PEWARTA SULSEL - Calon Gubernur Sulsel Nomor Urut 1, Moh. Ramdhan Pomanto datang memeriahkan tradisi Mappadendang dengan cara ikut langsung ritual penumbukan lesung bersama warga setempat.

Ritual Mappadendang ini dilakukan di Kampung Buae, Kabupaten Sidrap, Jumat (18/10/2024). Ritual ini sebagai bentuk syukuran atas usainya keberhasilan memanen padi.

Danny - Azhar untuk Selamatkan Sulsel

Kata Danny, upacara ini sebuah adat yang berasal dari masyarakat Bugis dari zaman dahulu dan dilakukan secara turun temurun.

“Upacara ini biasanya dilakukan setelah panen raya ketika memasuki musim kemarau. Ritual ini katanya dilakukan selama dua hari dua malam,” ucapnya.

“Inilah Sulsel penuh dengan budaya yang beragam. Adat yang berbeda-beda namun kita tetap satu tujuan. Belajar budaya dan adat harus tetap ada agar sejarah terus terukir dan anak-cucu kita tidak kehilangan arah,” sambungnya

Danny pun disambut antusias oleh warga yang hadir dalam ritual upacara tersebut. Kegiatan ini juga diramaikan oleh atraksi ayunan raksasa atau “Mattojang”.

Sebelum menghadiri upacara panen raya, Danny menyempatkan menyapa tokoh masyarakat desa Buae Kabupaten Sidrap.

Disana terlihat dukungan dari masyarakat sidrap yang luar biasa.

Danny - Azhar untuk Selamatkan Sulsel

“Saya pikir saya tidak punya tempat dan suara di Sidrap. Tapi ke dua kalinya saya datang ke sini (sidrap) dukungan dan supportnya luar biasa,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Danny tak lupa mengingatkan agar tidak lupa menjaga suara nomor 1 di TPS. Karena kemenangan DIA adalah kemenangan kita semua.

“Karena bosku saya adalah rakyat. Jadi kalau saya menang sama dengan kemenangan kita semua yang akan membawa perubahan nasib baik untuk semua,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close