TSz6TUY0BUA8TpA9TUApTfr5GY==

Pengurus PMI Makassar Resmi Dilantik, Adnan Minta Stok Darah Harus Terus Terjaga

Pengurus PMI Makassar Resmi Dilantik, Adnan Minta Stok Darah Harus Terus Terjaga
Pengurus PMI Makassar Resmi Dilantik, Adnan Minta Stok Darah Harus Terus Terjaga 
(Foto : Istimewa) 

PEWARTA SULSEL - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan melakukan Pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kota Makassar Periode 2024-2029 yang dirangkaikan dengan Pengukuhan Tim Pengembangan Program (TPP) dan Tim Sibat PMI Kecamatan se-Kota Makassar di Baruga Anging Mammiri, Rujab Walikota Makassar, Rabu (18/9). 

Adnan mengatakan PMI sebagai organisasi kemanusiaan harus menjadi garda terdepan ketika dibutuhkan oleh masyarakat salah satunya PMI Kota Makassar. Menurutnya hingga saat ini PMI Kota Makassar mampu terus menunjukkan kinerjanya seperti membantu PMI Sulsel dalam menjaga stok darah yang juga sangat dibantu oleh pemerintah kota setempat. 

"Hari ini kita melakukan pelantikan PMI Kota Makassar. Alhamdulillah luar biasa perhatian Pemerintah Kota Makassar ke PMI, bahkan akan menaikkan dana hibahnya, sehingga semoga ini akan terus menambah semangat dalam membatu saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan dari PMI," ungkapnya. 

Adnan menyebut, saat ini PMI memiliki UU kepalangmerahan, dimana pemerintah daerah boleh memberikan dana hibah setiap tahunnya kepada PMI yang akan menunjang keberhasilan keberlanjutan program khususnya dibidang sosial kemanusiaan. 

Ia berharap PMI Kota Makassar melanjutkan program yang sudah ada dan berhasil dengan terus melakukan koordinasi dengan PMI Provinsi terlebih saat ini telah terjadi krisis iklim atau perubahan iklim dan kehadiran PMI melalui relawannya sangat dibutuhkan. 

"Selamat atas pelantikannya dan selamat bekerja. Kita berharap kolaborasi antara PMI provinsi dan juga kabupaten/kota dalam memenuhi stok darah kita bisa betul-betul dapat terjaga dengan baik, termasuk program yang sudah baik dan dijalankan oleh PMI Kota Makassar dapat dilanjutkan dan kekurangannya bisa ditingkatkan dan relawan PMI bisa turun langsung ke lokasi-lokasi yang membutuhkan uluran tangan dari relawan PMI itu sendiri," harapnya. 

Sementara Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal mengatakan pelantikan ini menjadi awal yang baik untuk terus berkolaborasi dengan pengurus lainnya termasuk Tim Pengembangan Program dan Sibat untuk menjalankan dan melanjutkan program yang ada. 

"Jadi di PMI kita ingin bukan hanya sekadar pelayanan darah, bencana, dan disemenasi tetapi kepada penyiapan sumber daya manusia. Alhamdulillah saat ini UTD PMI kita adalah pembina sekaligus koordinator untuk regional V atau Kawasan Indonesia Tiimur yang membawahi 12 provinsi dan menjadi tanggung jawab kita di UTD Makassar sehingga ini akan teus kita maksimalkan," katanya. 

Hal yang sama diungkapkan Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto. Ia mengatakan pemerintah Kota Makassar akan terus mendukung kerja-kerja PMI. Menurutnya PMI merupakan organisasi yang selalu ada saat terjadinya bencana. 

Sebagai bentuk dukungannya, dirinya mendorong PMI Kota Makassar untuk segera memasukkan perencanaan penganggaran hibah tahun 2025 untuk segera disetujui dan dilakukan penambahan anggaran. 

"Kami selalu mengapresiasi kerja-kerja PMI melalui relawannya, terlebih ketika terjadi bencana kami melihat PMI mampu terus menjadi garda terdepan. Jadi segera masukkan proposalnya untuk tahun 2025 insyaallah akan kita tambahkan," jelasnya. 

Pada pelantikan dan pengukuhan ini turut dihadiri beberapa Pengurus PMI Sulsel, dan relawan PMI se-Kota Makassar.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close