TSz6TUY0BUA8TpA9TUApTfr5GY==

BPS Bersama Diskominfo dan Persandian Sinjai Lakukan Pembinaan Metadata Statistik Sektoral

BPS Bersama Diskominfo dan Persandian Sinjai Lakukan Pembinaan Metadata Statistik Sektoral
BPS Bersama Diskominfo dan Persandian Sinjai Lakukan Pembinaan Metadata Statistik Sektoral
(Foto : Istimewa) 

PEWARTA SULSEL -  Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai bersama Dinas Komunikasi, Informatika (Diskominfo) dan Persandian melaksanakan pembinaan metadata statistik sektoral di ruang pola kantor Bupati Sinjai, Rabu (4/9/2024).

Pembinaan metadata statistik sektoral dilakukan usai pengukuhan Forum Satu Data Indonesia. Pesertanya merupakan tim pengelola data dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Sinjai selaku produsen data.

Kepala Bidang Persandian Diskominfo dan Persandian Sinjai, Usman mengatakan pembinaan metadata untuk mewujudkan kualitas data statistik sektoral yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan.

Bersama BPS Sinjai selaku pembina data, kata dia, Diskominfo dan Persandian Sinjai sebagai wali data tentu mendorong tim pengelola data OPD untuk menyajikan pentingnya penggunaan satu data Indonesia dalam rangka penyelenggaran pembangunan daerah.

“Kita mendorong tim pengelola data untuk menyusun dan menyediakan data statistik yang lengkap, akurat, dan mutakhir dalam rangka mewujudkan Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif dan efisien guna mendukung pembangunan nasional,” jelasnya.

Mantan Kasubag Pemerintahan Setdakab Sinjai, ini juga meminta kepada tim pengelola data untuk intens melakukan koordinasi terkait penyusunan data sehingga memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagi pakaikan melalui penyelenggaraan Satu Data Indonesia.

Sebelumnya, Forum Satu Data Indonesia Kabupaten Sinjai dikukuhkan Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah. Dia berharap satu data di Kabupaten Sinjai terwujud optimal sehingga dapat menyelesaikan permasalahan, dan memastikan ketersediaan data yang terintegrasi.

“Kepada OPD selaku produsen data untuk memberikan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kepada Wali Data Kabupaten. Saya berharap kerja sama, kolaborasi dan koordinasi antara seluruh stakeholder dapat berjalan dengan baik sehingga memberikan manfaat bagi pembangunan,” harapnya.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close