TSz6TUY0BUA8TpA9TUApTfr5GY==

Cara Beternak Ayam Petelur

Cara Beternak Ayam Petelur


PEWARTA SULSEL - Telur ayam adalah salah satu bahan makanan yang banyak diminati masyarakat.



Secara umum, ayam petelur dibudidayakan untuk diambil telurnya. Jika dihitung, rata-rata seekor ayam petelur dapat menghasilkan 200 butir telur per tahun.



pemilihan bibit unggul



Pilihlah bibit unggul yang bibit berasal dari indukan yang sehat dan berkualitas. Bibit dalam kondisi sehat. Bibit sehat memiliki karakteristik berupa bulu yang halus. Perkembangan bibit relatif cepat. Tidak cacat dan berat badannya ideal. Bibit mempunyai nafsu makan yang tinggi.



Model kandang ayam petelur



Setelah Anda mendapatkan bibit unggul, selanjutnya harus dipikirkan pula model kandang tempat ayam tinggal. Model kandang bergantung pada banyaknya jumlah ayam yang akan Anda budidayakan. Umumnya, cara budidaya ayam petelur bagi peternak pemula adalah menggunakan model kandang baterai. Menempatkan ayam petelur di kandang baterai tentu saja akan memudahkan proses pengumpulan telur.



Pemberikan pakan yang bergizi



Pemberian pakan bergizi dan bervariasi harus dilakukan agar ayam petelur memperoleh nutrisi yang seimbang. Biasanya jenis pakan yang diberikan untuk ayam petelur terdiri atas konsentrat, tepung ikan, ataupun jagung. Setiap jenis pakan tersebut mempunyai kelebihan dan fungsinya sendiri bagi ayam.



Selain bergizi, pemberikan pakan kepada ayam petelur sesuai umurnya. Pada tahap starter, lakukanlah pemberian pakan secara rutin ketika ayam petelur memasuki usia 0—4 minggu. Sementara itu, pada tahap finishing berikan pakan pada ayam petelur dengan intensitas 3 kali sehari di usia 4—6 minggu.



Vaksinasi dan pemeriksaan



Selain pemberian pakan yang bergizi, vaksinasi harus dilakukan pada ayam petelur agar vitamin dan nutrisinya tercukupi. Apabila kedua komponen ini tercukupi, daya tahan ayam petelur akan meningkat.dapat juga dilakukan vaksinasi secara langsung dengan mencampurnya pada makanan ayam.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close