TSz6TUY0BUA8TpA9TUApTfr5GY==

Wujudkan Layanan Inklusif, Disdukcapil Peduli Disabilitas

Wujudkan Layanan Inklusif, Disdukcapil Peduli Disabilitas

PEWARTA.CO.ID, SULSEL - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se- Sulawesi melakukan Pencanangan Gerakan Bersama Pelayanan Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas Melalui Pendataan, Perekaman dan Penerbitan Dokumen Kependudukan (Biodata, KTP-el, KIA dan Akte Kelahiran) yang dipusatkan di Baruga Karaeng Pattingaloang Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan Makassar, Jumat, 29 Juli 2022. 

Pencanangan yang berlangsung melalui Zoom oleh kabupaten kota se-Sulawesi dihadiri Gubernur Sulawesi Andi Sudirman Sulaiman bersama Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Prof. Dr. Zudan Arief Fakhrullah.

Sementara di Bulukumba melalui zoom meeting, bertempat di SLB, Sekretaris Daerah Muh Ali Saleng hadir bersama Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Andi Buyung Saputra dan stakeholder lainnya. Adapun Kadis Dukcapil Dedi Rahmadi hadir secara langsung di Makassar.

Pada kegiatan ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemprov Sulsel menghadirkan layanan pendataan, perekaman, penerbitan dokumen langsung bagi para penyandang disabilitas.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sulsel, Sukarniaty Kondolele menyebutkan, jumlah penyandang disabilitas yang saat ini tersinkronisasi di Sulsel 32.443 jiwa. Dan SLB sebanyak 90 dengan jumlah siswa 4.109 orang.

“Kita berusaha memenuhi hak dari penyandang disabilitas dalam pelayanan dokumen kependudukan. Sehingga dapat menerima pelayanan publik, perlindungan hukum dan menyalurkan hak pilihnya,” sebut Sukarniaty.

Pada cara tersebut, Staf Khusus Presiden RI, Angkie Yudistia, menyampaikan, Sulsel daerah 10 besar dengan populasi penyandang disablitas terbesar di seluruh Indonesia. 

Pemerintah Pusat memastikan inovasi dan transformasi program yang menjamin inklusivitas disablitas dapat terwujud dan bisa berjalan dan disiapkan dengan baik oleh Pemerintah Daerah.

Berkaitan dengan itu, maka pendataan dan perencanaan inklusif bagi penyandang disabilitas dilakukan. Serta pentingnya ragam pendataan kaum difabel.

Ia minta penyandang disabilitas tidak malu mencantumkan ragam disabilitas di biodatanya. Karena ini akan membantu pemerintah dalam mewujudkan program jangka panjang.

“Saya penyandang disablitas, saya menggunakan alat bantu (pendengaran) karena saya disabilitas,” sebutnya.

Di Kabupaten Bulukumba, pencanangan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan layanan jemput bola pelayanan Biodata,Perekaman KTP-eL, Akta Lahir dan KIA.

Sekretaris Daerah Muh Ali Saleng melakukan penyerahan Barcode layanan kepada para peserta didik SLB dan dua orang ODGJ serta bantuan dua buah tongkat bagi salah satu penyandang Disabilitas fisik.

Menurut Kabid Pemanfaatan Datadan Inovasi Pelayanan, Andi Nurhikmah, dalam layanan sehari tersebut Dinas Dukcapil Bulukumba telah melayani sebanyak 85 KIA (Kartu Identitas Anak),18 KTP-eL, 8 Akta Lahir untuk peserta didik Sekolah Luar Biasa.

"Penyerahannya langsung diberikan ke pemiliknya oleh bapak Sekretaris Daerah," singkatnya.

(*/Ay)



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close